Mahasiswa Farmasi Praktik Kembali di PT Harvest Gorontalo Indonesia

Mahasiswa farmasi disambut langsung oleh apt. Mohamad Yamin Lahay, S.Si. (Direktur PT HGI) dalam penerimaan mahasiswa PKL di PT. Harvest Gorontalo Indonesia. (01/11/21)

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Mahasiswa Farmasi Stikes Muhammadiyah Manado akhirnya dapat praktik lapang kembali di PT Harvest Gorontalo Indonesia (PT HGI) secara langsung. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 bulan, tepatnya pada tanggal 1-27 November 2021. Sebanyak 81 mahasiswa ikut serta dalam PKL industri tahun ini dan terbagi dalam 4 gelombang. Tiap gelombang akan praktik selama 1 minggu di PT HGI. PT HGI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Industri Obat Tradisional (IOT) yang berlokasi di Desa Pilohayanga, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Pada tahun ini, bukan hanya Prodi D3 Farmasi Stikes Muhammadiyah Manado saja yang berpraktik di PT HGI. Mahasiswa Stikes Muhammadiyah Manado ditemani oleh mahasiswa farmasi dari Poltekkes Gorontalo. Ini menjadi pengalaman berharga untuk kedua institusi dalam hal berbagi ilmu pengetahuan yang telah diterima selama berkuliah.

Direktur PT HGI (apt. Mohamad Yamin Lahay, S.Si. [tengah]) didampingi oleh Ketua Stikes Muhammadiyah Manado (Agust A. Laya, S.K.M., M.Kes. [kiri]) dan Ketua Jurusan Farmasi Poltekkes Gorontalo (apt. Zulfiayu, S.Si., M.Si. [kanan]). (01/11/21)

Direktur PT HGI menyambut baik dilaksanakannya praktik lapang di perusahaan yang sekarang beliau pimpin. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan gagasan bahwa akan dibuatnya suatu kurikulum dalam internal perusahaan yang nantinya akan diterapkan kepada mahasiswa yang akan praktik lapang di PT HGI. Gagasan ini bertujuan untuk dijadikan acuan (pedoman) dalam proses praktik lapang mendatang.

Beliau memotivasi mahasiswa agar tidak mudah menyerah dalam hal apapun. Seorang farmasis tidak hanya dituntut untuk bekerja dalam bidang pelayanan ke pasien saja. Seorang farmasis harus mampu bekerja di bidang apapun dengan menerapkan ilmu farmasi yang diperolah selama duduk di bangku kuliah. Adanya kegiatan praktik lapang di PT HGI menjadi tantangan dan kepercayaan terhadap perusahaan dalam mendukung dan memajukan pendidikan farmasi khususnya di kawasan timur Indonesia.

Penandatangan MoU antara Stikes Muhammadiyah Manado dengan PT Harvest Gorontalo Indonesia. (01/11/21)

Setelah kegiatan penerimaan mahasiswa PKL berakhir, dilanjutkan dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Stikes Muhammadiyah Manado dengan PT HGI. Harapannya, kedua pihak tidak hanya bekerja sama dalam bidang pendidikan saja, melainkan dapat juga bekerja sama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tentu ini bertujuan untuk mengembangkan kedua instansi menjadi lebih baik lagi ke depannya. Selain itu, ini menjadi realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi di Stikes Muhammadiyah Manado.

Tampak mahasiswa sedang menyimak materi hari pertama di PT HGI. (01/11/21)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *